Kedatangan Juara Kendo Wanita Jepang & Simple Thing


Kemarin ada visit Kendoka dari Jepang. Seorang pria senior Kendo dan dua orang wanita muda juara dunia. Nggak usah tanya! Jago-jago semua. πŸ˜… Mereka adalah sensei Nishimura, Tominaga, dan Akaboshi. 



Yang bikin surprise adalah Tominaga-san,  salah satu juara dunia Hongkong Taikai. Ia punya gaya khas, yaitu kuda-kuda joudan. Nah, jarang jumpa kendoka wanita yang gayanya full offense seperti ini.πŸ‘πŸ»

Malam hari, saya menggali-gali foto lama dan baru, karena ada rekues dari seorang senpai. Ternyata ada beberapa foto yang belum pernah di publish. Karena menurut saya terlalu “simpel”.

Dan saya terpakuπŸ˜‘, sebetulnya kendo itu kan nggak melulu obyeknya soal keiko, shiai, saja. Banyak “behind the screen” bagian dari cerita, termasuk hal-hal yang simpel itu. Ritual rutin, yang saking seringnya dilakukan, rasanya sudah biasa dan gak signifikan. 

Something only we, kendoka, know.

  • Perjuangan memasukkan tsuba (terutama bokken)
  • Pemanasan yang kudu panas bener supaya gak cedera (kadang capekan pemanasannya πŸ˜‚)
  • Mengikat kembali men, yang mau diiket sekencang apapun tetap melintir amblas (kalau yang mukul punya kekuatan Captain America)
  • Benerin dou himo yang tiba-tiba suka lepas menari-nari 
  • Printilan kesibukan saat jadi panitia turnamen 
  • ..dsb.


Kebiasaan rutin lain yaitu saat ada kendoka tamu maka akan berderet sudah tuan rumah yang ingin “berkenalan”. Tahu sendiri kan ngajak kenalannya kendoka apalagi kalau bukan latihan ji-geiko. πŸ˜… Kapan lagi kesempatan belajar dari yang lebih ahli. 

Melewatkan atau gagal mengenali bahwa sesuatu adalah "simple thing" kadang  jadi kebiasaan. Namanya manusia, saya lebih gampang ngeliat gedenya sebuah masalah (macet, ngantuk, pegal linu), padahal banyak juga hal-hal kecil, yang sebetulnya kalau dipikir-pikir, nggak bermasalah.πŸ˜‘ 

Atau mungkin ini soal POV juga. Ngguling, kena jitak, kena penalti, kena tsuki nyasar, bisa jadi masalah traumatis, padahal setelah diingat, komikal betul ; bikin ngakak atau senyam-senyum mesem.πŸ˜–

At the end, I think this famous quote is right ; if the simple things in life don’t make you smile, then you’ll never be happy.

Apa simple thing dalam hidup yang bikin kamu senang? πŸ˜ƒ


21 comments:

  1. Banyak istilah atau kata "baru yang belum pernah saya dengar apalagi di dunia per-kendoan 😁..nah justru dari hal"kecil yang kadang kita anggap angin lalu itu lah yg mungkin awalnya bisa jadi sesuatu..btw...penasaran ama wajah"nya yg ketutup masker / pelindung wajah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setiap hal-hal kecil yang kita lakukan bisa jadi orang lain nggak ada gambaran. Haha kalau intip-intip IG di atas atau YT ada juga saat wajah kita nggak pakai masker atau Men kok (promosi).

      Delete
  2. Aku baru tahu Tominaga juara dunia Kendo, masih muda tapi sudah juara dunia pasti latihannya sangat keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka rata-rata belajar dari kecil. Masih muda banget. Latihannya pasti begitulah.

      Delete
  3. wahhh juara dunia datang Indo
    best nyaaaa

    ReplyDelete
  4. kedatangan langsung juara kendo dari negera asalnya pasti membuat pengalaman baru buat masnya, bisa belajar ilmu baru per kendoan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyaksikan saja sudah jadi pembelajaran, btw saya bukan mas

      Delete
  5. Pernah juga dengar kendo ini...tapi saya lupa lupa ingat di mana

    ReplyDelete
  6. Istilah2 di atas jujurnya bikin aku roaming pas baca πŸ˜…. Kayaknya menarik mba kalo mau ditulis utk pemula , at least JD paham istilah2 dasarnya. Kayak ikat men, aku ga ada bayangin men ini apa , dan gimana dia bisa lepas. πŸ˜…

    Simple thing yg bikin aku happy, cukup dengan bisa nonton Drakor favorit tanpa gangguan , itu aja happy banget, atau sesimpel bisa lewatin level lebih tinggi dari game yg aku mainin πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih idenya mba, mungkin next perlu bikin tulisan tentang istilah-istilah kendo.

      Hal-hal kecil itu menyenangkan kalau dikerjakan kadang ga disadarin

      Delete
  7. Halo Mbak, salam kenal ... terima kasih sudah main ke blog saya.
    Btw, sudah lama lihat martial art ini di televisi tapi baru ngeh namanya kendo ... waktu lihat di TV itu, entah ke mana pikiran saya sampai gak bisa merekam namanya apa :D

    Behind the screen-nya sepertinya bisa jadi bahan tulisan tersendiri tuh, pasti bakal menarik disimak orang awam kayak saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba, terima kasih sudah berkunjung balik. Hehe iya dulu pernah masuk TV juga cuma sudah lama. Memang jarang.
      Behind the screen mungkin kapan-kapan ditulis ceritanya ^^

      Delete
  8. Saya termasuk suka mikir masalah kecil. Tetapi sesaat saja. Habis itu anggap aja angin lalu.

    ReplyDelete
  9. Agar bisa bergabung ya setidak bisa meliput acara semacami ini, apas syaratnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kontak kepengurusan Kendo di kota domisili (bila ada), nanti dijelaskan alurnya.

      Delete
  10. Menarik kalau baca artikel di blog ini, karena saya baru tahu yang namanya kendo.
    Ternyata kendo banyak disuka juga sampai ada kejuaraan dunia.
    Luar biasa...

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir di setiap negara ada pak Kendo. Makanya ada World Kendo Championship atau Kejuaran Dunia Kendo. Belum kejuaraan-kejuaraan Kendo lain

      Delete
  11. Wah, keren banget πŸ’ž Kalo adik saya ngajar aikido, sejak SMA belajarnya sampek skrg udh umurnya 50an tahun ttp setia di aikido. Seru juga kalau liat sharing2nya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.